Judul Lagu Daerah (Tradisional) dan Asalnya
Lagu daerah/ tradisidisebut juga lagu rakyat, yaitu lagu yang lahir dari tradisi budaya setempat. L:agu ini akan terus mengalir dari mulai keluarga, masyarakat dan terus turun menurun.
Biasanya lagu rakyat tidak diketahui siapa penciptanya. Dan dapat dipelajari secara langsung tanpa harus membaca not.
Lagu daerah biasanya dapat dikenali melalui ciri-cirinya:
1. Lagu yang musiknya sangat sederhana
2. Jarang diketahui siapa penciptanya.
3. Didalamnya terkandung sifat sosial
4. Berisi tentang kehidupan masyarakat tertentu
5. Menggambarkan situasi masyarakat pada saat itu.
Macam-macam lagu tradisional diantaranya seperti beikut:
a. Daerah Sunda: bubuy bulan, tokecang aing, rayak-rayak, cangkeuling, panon hideung, manuk dadali, dan lain-lain
b. Daerah Jawa Tengah: macapat (ada 11 jenis), gambang suling, lir ilir, tekate dipanah, suwe ora jamu, gundul pacul dan lain-lain.
c. Daerah Jawa Timur: Tombo ati, rek ayo rek, ande-ande lumut.
d. Daerah Madura: tanduk majeng, korban sape.
e. Daerah Bali: janger, dewa ayu, ma cepet-cepetan
f. Daerah Aceh: bungong jeumpa, pisau surit
g. Daerah tapanuli: utet, sitara tilo, mendekdek magambiri.
h. Sumatera timur: injit-injit semut, timang-timang anakku sayang,
i. Daerah Sumatera Barat: kambanglah bungo, kampung nan jauh dimato, paku gelang, ayam dan lapeh, mat inang.
j. Daerah Sumatera selatan: dele sengke, tarik tanggai
k. Daerah Riau : lancang kuning, soleram,
l. Daerah Kalimantan Barat : cik-cik periok,
m. Daerah Kalimantan Tengah: Tunupi wayu, naluya, kalayar
n. Daerah Kalimantan Selatan: Ampar-ampar pisang, pasir berantai
o. Daearah Sulawesi Utara: Oina nikeke, sipotokaan
p. Daerah Sulawesi Selatan: Pakarena, marencong
q. Daerah Sulawesi tengah: tondok kadadinglu
r. Daerah NTT dan Timor: desaku, tutukoda, moree
s. Daerah maluku: kuhate, kole-kole olesioh, burung kaka tua, waktu hujan sore-sore ,ulate, buka pintu dan lain-lain.
t. Daerah Papua : apuse, yamko rambe yamko
u. Daerah DKI: surilang, jali-jali, kicir-kicir, keroncong kemayoran,
No comments:
Post a Comment